Wednesday, June 3, 2015

Perlengkapan & Tempat yang Layak Untuk Kelinci

Kelinci sebaiknya dipelihara indoor (didalam rumah), karena kelinci yang terkena angin hujan, atau air hujan, hidupnya tidak akan lama. Kelinci juga tidak tahan dengan udara panas karena bisa terserang heatstroke yg mematikan, mereka memerlukan ruangan yang adem dan kering.

kelinci yang dipelihara indoor akan lebih bersih dan terhindar dari berbagai macam penyakit dan hewan liar lainnya yang membahayakan kelinci, seperti tikus, kucing liar dll.

Kelinci tidak perlu dipakaikan baju, karena kelinci sudah cukup berbulu dan udara di indonesia cukup lembab dan panas sehingga hewan peliharaan di negara beriklim tropis tidak perlu menggunakan baju, kecuali hewan yang botak.


Tempat Tinggal / Kandang yang Layak Untuk Peliharaan Kelinci


  • Jika menggunakan Kandang

Jika anda mau menggunakan kandang sebagai tempat istirahat kelinci, maka ada beberapa syarat kandang yang baik untuk kelinci.

  1. Kandang harus cukup besar untuk kelinci, minimal 40 x 60cm untuk kelinci tipe mini (dwarf, mini dutch, holland lop) untuk kelinci tipe besar (seperti Rex, mini lop, dutch, Anggora) minimal menggunakan kandang ukuran 50 x 60cm.
  2. Kelinci harus diberi waktu keluar dari kandang setiap hari minimal sehari 2x masing2 1 jam. pagi, jam 7 - 8, dan malam jam 8-9 (merupakan jam aktif kelinci), agar kelinci bisa berolahraga lompat kesana kemari dengan bebas. Jika tidak pernah dikeluarkan dari kandang kelinci akan jenuh, stres, dan kemungkinan mengalami obesitas. Pastikan tempat kelinci bermain dan berlompat bebas dari kabel listrik atau perabotan yang dapat digerogoti.
  3. Di dalam kandang harus ada alas tempat berpijak kaki kelinci yang rata (tidak bolong2 dan tidak licin). Kaki kelinci akan lelah bahkan terluka jika terus2an berada di atas jeruji besi dari kandang, sehingga tempatkan sepetak alas yang nyaman untuk kaki kelinci berpijak di dalam kandang (misal bagian belakang tegel lantai ukuran 30x30cm atau dengan karpet karet yang mudah dibersihkan)
  4. Terdapar mangkuk tempat makan dan air minum bersih 24jam untuk kelinci, serta rumput hay di dalam kandang.

Contoh kandang kelinci yang layak:






    • Jika menggunakan Ruang kamar atau ruang tamu dengan Play pen (pagar pembatas)
    Jika menggunakan pagar playpen anda dapat mengatur besar ruangan dengan menyusun pagar-pagar sesuai dengan luas yang anda inginkan, dan tentunya menggunakan sekat pagar memberikan kelinci lebih banyak ruang gerak. Namun kelinci harus dilatih membuang pipis dan pup menggunakan Litter box /  kotak potty (kotak plastik seperti punya kucing - akan saya bahan di post berikutnya).
    Perlu diketahui alas tempat pipis kelinci tidak boleh menggunakan pasir yang seperti digunakan di litter box kucing, karena jika pasir dihirup kelinci, dapat merusak sistem pernafasan kelinci. menggunakan serbuk kayu untuk hamster juga tidak aman, karena jika serbuk kayu dimakan, kelinci dapat keracunan. Paling baik menggunakan tumpukan koran dengan potongan2 kertas.
    berikut contoh tempat tinggal kelinci dengan sekat playpen






        Contoh Tempat Tinggal Kelinci yang Tidak Layak 

        Kelinci yang selalu di dalam kandang yang kecil sangat tidak nyaman dan menyiksa, karena ia tidak bebas bergerak dan hanya bisa makan dan tidur membuat kelinci menjadi stres dan obesitas, bahkan dapat membuat kelinci tidak tahu cara untuk melompat! Bayangkan jika anda yang tinggal di rumah gubuk dan tidak bisa keluar kemana-mana, sungguh menyedihkan.

        Ini bukan kandang

        terlalu sempit



        Kaki kelinci bisa luka berpijak diatas jeruji kawat, apalagi yg karatan


        Kelinci mudah terkena kuman dari sepatu2



        Ruang terlalu sempit untuk 2 ekor kelinci dan tidak ada alas tempat kaki kelinci berpijak



        kandang terlalu pendek, kelinci tidak bisa berdiri


        Perlengkapan untuk Kelinci :

        • Timothy Hay 

           

          Timothy hay

           

          Makanan utama yang harus anda beri untuk kelinci anda adalah rumput timothy hay sebanyak-banyaknya. Rumput kering sangat penting untuk kelancaran metabolisme kelinci. Seperti yang sudah saya bahas di posting sebelumnya.







        • Pelet kelinci

           

          Pelet Berkualitas

          Belilah Pelet kelinci yang berbasis rumput alfalfa atau timothy. Jangan berikan kelinci anda pelet dengan campuran biji-bijian atau pelet yang berwarna-warni. Kelinci memang suka makan wortel, buah-buahan dan biji-bijian seperti jagung, kacang, dll, tetapi percayalah, mereka tidak membutuhkan makanan tersebut, dan makanan yang tinggi akan kadar karbohidrat dan gula dapat merusak metabolisme pencernaan pada kelinci.

           

           

            





          • Mangkuk Keramik (food & water bowl)

             

            Air Minum di mangkuk keramik

            Kenapa menggunakan keramik? Anda juga dapat memilih bahan lainnya yang aman tetapi cukup berat atau ada pengunci sehingga mangkuk tidak mudah tumpah atau terbalik saat ditendang atau dilempar oleh kelinci. Mangkuk makanan digunakan untuk meletakkan pelet kelinci atau sayur segar. Untuk air minum, kelinci lebih suka minum air dari mangkuk dibandingkan dari botol.

             








            • Playpen (pagar khusus untuk menyekat ruangan)


              Pagar Playpen
              Playpen dapat digunakan untuk tempat bermain kelinci. menggunakan playpen atau penyekat dapat menghindari kelinci dari bahaya menggerogoti kabel listrik atau perabotan rumah. 
              Jika anda punya halaman rumput yang cukup luas, anda dapat menggunakan playpen untuk kelinci bermain sementara di halaman rumput agar terhindar dari hewan liar atau kelinci yang bisa kabur dan sembunyi.   

             

             

             





            • Mainan & Tempat Persembunyian

               

              Kelinci merupakan hewan yang selalu penasaran tetapi juga cepat bosan. Maka untuk menstimulasi otak kelinci agar tetap sibuk dan tidak mudah bosan, berikan mereka mainan yang aman jika digigit atau digerogoti, seperti bola yang terbuat dari anyaman (wicker ball), bola dapat di isi dengan rumput kering, atau berikan karton bekas tisu gulung. Anda juga dapat memberi barang yang dapat digali dan di kunyah oleh kelinci, seperti karton kertas tanpa pewarna, buku telepon yang tidak anda pakai lagi atau kotak kardus. Selain itu, mainan dari plastik yang keras, seperti mainan bayi yang berbunyi juga disukai oleh kelinci.Kelinci juga butuh tempat persembunyian, dimana ia merasa aman. Anda dapat menyediakan kotak kardus yang dilubangi, atau jika anda rajin, anda dapat berkreasi membuat istana kelinci yang terbuat dari kotak kardus, anda juga dapat menggunakan tunnel atau lorong kecil yang biasa juga digunakan untuk melatih anjing atau kucing.

            10 comments:

            1. Terima kasih telah mengasitau tentang memelihara yang benar

              ReplyDelete
            2. Ada rekomendasi bwat nyari brang2 yg disebutin diatas??

              ReplyDelete
              Replies
              1. yang saya tahu dan sudah pernah belanja ya.. happy rabbit (klp gading), happy bunny (pluit village), apple banana (tangsel), bakpao rabbit (bekasi)

                Delete
            3. Sy bikin kotak persembunyian dari kardus digigitin sama kelincinya. Gimana caranya spy ga digigit kelinci ya?

              ReplyDelete
              Replies
              1. Sebenarnya kalo tempat mainannya digigit itu tidak apa apa karna itu untuk menghilangkan mereka stres

                Delete
            4. Kl Play Pennya didlm Rmh ..Paling Bagus di Alasi apa ya ? Perlak / Handuk / Apa ?

              ReplyDelete
              Replies
              1. tidak perlu di alasi, cukup alas lantai keramik , karena kelinci suka dingin nya lantai keramik untuk rebahan

                Delete
            5. halo mau tanya dong. saya pakai playpen dialasin perlak tapi kan dia pipis sembarangan dan jadinya nibanin pupnya/pipisnya sendiri kuatir bau dianya. kalau kandangnya aja dibawa ke dalam kamar apa aman buat kami dan kelincinya? 🙏

              ReplyDelete
            6. saran saya di ruang yg lebih terbuka. saya juga pakai perlak, asalkan sering dibiasakan dan dilatih, kelinci bisa pup/pipis di kandang/litter box kok

              ReplyDelete
            7. Cara ajari pub gmn? Dan bentuk ya tempat nya spt ap?

              ReplyDelete